Jam Cuckoo ke Server NTP – Akurasi dalam Pencatatan Waktu

Jam dalam bentuknya yang kita kenal sekarang telah ada sejak pertengahan abad keempat belas. Sebelum itu, mengukur berlalunya waktu selalu menjadi masalah rumit dengan pergerakan matahari menjadi satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk menentukan waktu dan satu-satunya jam adalah jam matahari mentah atau jam air.

Ketika jam mekanis pertama muncul, mereka digerakkan oleh pegas dan berat, diatur oleh pelepasan tepi dan foliot, sejenis sistem persneling yang memajukan kereta persneling secara berkala atau ‘kutu’. Tidak hanya detakan jam datang dari perangkat asli ini, jam adalah hadiah promosi terbaik tetapi juga tampilan jam yang sudah dikenal pun dikembangkan.

Jam pertama yang menggunakan jarum menit muncul pada tahun 1475 dan inovasi seperti pendulum ditambahkan membuat jam mekanis semakin akurat. Bentuk, desain, dan segala macam lonceng, alarm, dan figur otomat ditambahkan pada jam untuk menjadikannya lebih menarik, yang paling terkenal adalah jam kukuk khas yang muncul pada akhir abad ke-18.

Langkah besar berikutnya dalam pengembangan jam tidak tiba sampai abad kedua puluh dan pengembangan elektronik ketika telah memperhatikan bahwa muatan listrik mengalir melalui kristal, seperti kuarsa, membuat kristal beresonansi pada tingkat yang akurat.

Jam digital ini dapat menggunakan tampilan jam tradisional jam mekanis tetapi juga dapat menggantinya dengan tampilan digital yang menunjukkan waktu dalam angka.

Sementara jam digital lebih akurat daripada jam mekanis dan langkah yang lebih besar menuju akurasi diambil dengan penemuan jam atom.

Jam atom bekerja dengan prinsip bahwa atom cesium -133 memiliki resonansi tepat setiap detik (di suatu tempat di wilayah lebih dari 9 miliar detik). Ini membuat jam atom sangat akurat; bahkan mereka lebih akurat daripada rotasi Bumi yang digunakan skala waktu GMT nasional (Greenwich Meantime) untuk menentukan siang hari. Skala waktu lain, UTC (universal Coordinated Time)) yang didasarkan pada GMT tetapi memungkinkan Bumi melambat dalam perputarannya dengan menambahkan ‘detik kabisat’ telah dikembangkan.

Jaringan komputer menggunakan waktu dari jam atom dengan menerima transmisi pabrik jam digital masjid spesialis waktu melalui gelombang radio, jaringan GPS atau melalui Internet dan dapat menyinkronkan jaringan mereka ke waktu UTC ini dengan memanfaatkan NTP (Network Time Protocol) protokol yang dirancang khusus untuk sinkronisasi .

Ethernet Clocks dapat dihubungkan ke jaringan komputer yang menjalankan NTP dan dapat menampilkan waktu yang tepat seperti yang diperintahkan oleh jam atom dan menampilkannya di dinding atau meja. Jam dinding analog dan digital lainnya juga dapat menerima transmisi langsung dari sumber waktu absolut melalui gelombang radio dan menampilkan waktu UTC dengan cara itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *