Terpecahkan! Apa Tanda Rayap?

Saya telah melihat beberapa aktivitas serangga aneh di dalam dan di sekitar rumah saya, serta beberapa terowongan tanah di dekat fitur kayu di luar rumah. Mungkinkah ini tanda rayap?

Rayap adalah hama yang umum. Ada beberapa tanda rayap yang jelas seperti kayu yang hancur atau runtuh, tetapi banyak kerusakan rayap terjadi di tempat-tempat yang tidak mudah diamati.

Menjadi proaktif berarti mengetahui apa itu rayap dan bagaimana mereka menggunakan kayu sehingga pemilik rumah tahu apa yang harus dicari. Ini adalah beberapa tanda utama rayap di sebuah rumah.

Suara klik datang dari dinding.

Dengan terowongan yang harus dibangun dan kebutuhan yang konstan untuk mengangkut sumber daya, rayap aktif setiap saat.

Untuk mengisi kehidupan mereka yang sibuk, rayap mendapatkan energi dari selulosa, karbohidrat yang ditemukan di semua tanaman dan kayu. Rayap memotong kayu dengan ekstensi seperti penjepit di dekat mulut mereka dan memecahnya menjadi bahan untuk bangunan dan nutrisi. Pergerakan rayap tunggal tidak terlihat, tetapi dengan ratusan ribu rayap dalam satu koloni, suara-suara kecil bertambah.

Kebisingan yang paling dapat dideteksi adalah suara peringatan yang dikirimkan rayap kepada orang lain di koloni. Ketika rayap melihat adanya ancaman, mereka membenturkan kepala mereka ke kayu untuk membuat suara “klik”. Bunyi klik yang lembut namun terus-menerus selama saat-saat tenang di rumah dapat berarti rayap ada di dinding.

Anda melihat serangga bersayap mati di sekitar rumah Anda.

Menemukan serangga bersayap mati di dekat jendela atau sayap yang tersebar tanpa tubuh di sekeliling rumah adalah indikator umum rayap.

Rayap terbang, juga disebut swarmers, terkadang disamakan dengan semut tukang kayu karena warnanya yang gelap. Namun, rayap terbang memiliki tubuh yang panjang dan seragam dengan empat sayap berukuran sama. Rayap terbang kehilangan sayap ini ketika mereka kawin, jadi sayap yang dibuang di mana saja di rumah adalah tanda utama rayap.

Selama cuaca yang cukup hangat, rayap terbang muncul dari ruang tersembunyi untuk menemukan kayu baru untuk mendirikan koloni baru. Mungkin ada kawanan rayap terbang di sekitar rumah atau halaman selama mereka mencari pasangan dan rumah. Mengidentifikasi sumber kawanan dapat membantu pemilik rumah menemukan sisa koloni.

Anda melihat serangga yang terlihat seperti semut putih.

Rayap pekerja, yang membentuk sebagian besar koloni, mungkin adalah serangga yang kebanyakan orang pikirkan ketika mereka mendengar kata “rayap.” Panjangnya tidak lebih dari seperdelapan inci, dan tubuh mereka berwarna krem ​​dan tembus cahaya. Karena rayap pekerja menghabiskan seluruh hidup mereka untuk membuat dan memelihara terowongan, mereka adalah serangga yang ditemukan di kayu yang rusak. Rayap tentara – dengan kepala dan penjepit yang lebih besar daripada rekan pekerja mereka – mungkin juga ada.

Warna merupakan indikator yang baik untuk membedakan antara semut dan rayap. Meskipun rayap memiliki berbagai corak, warna tubuhnya biasanya jauh lebih terang daripada semut yang paling terang sekalipun. Selain itu, bentuk tubuh mereka berbeda, dengan semut memiliki perut yang ramping (bagian tengah) dengan kepala dan dada yang lebih menonjol (di belakang), dan rayap memiliki tubuh yang lebih lebar secara keseluruhan tanpa pinggang yang jelas antara perut dan dada mereka. Rayap juga memiliki antena yang panjang dan lurus.

Kayu yang ada di sekitar atau bagian dari rumah Anda terdengar berlubang.

Rayap menghancurkan kayu dengan memakannya dari dalam ke luar. Inilah sebabnya mengapa kerusakan rayap sulit dikenali sebelum terlambat.

Suara yang dihasilkan kayu adalah cara untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam. Lakukan tes suara di berbagai area di sekitar rumah, mulai dari kayu yang diketahui (atau diduga kuat) bebas rayap.

Dengan menggunakan sesuatu untuk memukul kayu rumah, seperti bagian belakang alat, pemilik rumah dapat mengidentifikasi suara berbeda yang dihasilkan kayu, yang dapat menunjukkan kerusakannya. Kayu yang berat dan tidak rusak menyerap suara dengan cepat, menghasilkan suara yang kaya dan dalam. Kayu yang berlubang dari kerusakan rayap akan memiliki nada yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan ukuran yang paling akurat tentang kerusakan rayap, ikuti serat kayu, mulai dari alas dan bergerak ke atas.

Jendela di rumah Anda sulit dibuka.

Rayap tidak bekerja terlalu jauh di bawah permukaan kayu, jadi lengkungan aneh pada kayu yang berbeda di rumah mungkin merupakan tanda rayap.

Sebelum kayu hancur karena pekerjaan bagian dalam rayap, jaringan terowongan yang mereka buat dan cara mereka mengatur ulang partikel kayu dapat menyebabkannya membengkak. Jika kayu ini merupakan bagian dari struktur yang dapat dibuka dan ditutup (seperti jendela), lengkungannya bisa menyulitkan untuk digerakkan—terutama jika sudah lama sejak terakhir digunakan. Semakin lama kayu tidak diganggu, rayap akan semakin rajin merusaknya.

Tidak semua jendela yang sulit adalah tanda rayap. Hal-hal lain, seperti kerusakan air, dapat mempengaruhi kualitas kayu di rumah. Namun, rayap juga menyukai kayu yang lembap, jadi meskipun bukan penyebab jendela yang melengkung, memperhatikan perlunya perbaikan dapat membantu mencegah serangan rayap di masa mendatang.

Ada bukti kawanan dan tabung lumpur.

Rayap terbang hanya mewakili bagian dari koloni, jadi mengikuti mereka ke sumbernya seringkali tidak cukup.

Rayap bawah tanah, jenis rayap yang paling umum, membutuhkan kelembaban untuk bertahan hidup. Sebagian besar kayu rumah tangga tidak memiliki kelembaban yang cukup untuk tumbuh, sehingga mereka membuat tabung lumpur untuk memungkinkan kelembaban dari bawah tanah ke dalam ruang kerja mereka.

Saluran-saluran lumpur dan puing-puing rayap mulai dari tanah dan mengalir ke kayu sebuah rumah. Mereka biasanya memiliki lebar pensil standar, dan membutuhkan beberapa usaha untuk mengikisnya.

Tabung lumpur dapat ditemukan di mana pun tanah bertemu dengan sumber kayu potensial di rumah, dan mereka benar-benar membantu rayap melewati hal-hal yang tidak dapat mereka kunyah, seperti beton, pipa ledeng, atau bahan listrik. Dengan mengikuti terowongan lumpur ke sambungan tanahnya, pintu masuk ke sisa koloni dapat ditemukan, dan pengobatan dapat dimulai.

Jika Anda khawatir tentang kemungkinan serangan rayap, sebaiknya hubungi jasa anti rayap profesional yang dapat menghilangkan hama ini dan menghentikan kerusakan lebih lanjut pada rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *